Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan ini saat asam lambung naik

 

asam lambung

Rasanya ngga nyaman banget, pikiran kacau, overthinking, panik, pokoknya berpikir yang aneh-aneh. Bener-bener bikin stress, sampai-sampai aku keluar dari pekerjaan karena ngga bisa fokus. Tapi alkhamdulillah sekarang 90% udah sembuh, cuma tetep bisa kambuh lagi kalo pola hidupnya ngga teratur. Tapi setelah sembuh aku jadi lebih menghargai hidup, dan lebih berhati-hati. Karena aku tau betapa menyiksanya asam lambung. Kalo di lihat orang lain emang kayaknya baik-baik aja, tapi bagi yang merasakan rasanya ngga karuan. Tapi intinya asam lambung itu utamanya tentang pola pikir. Harus bisa mengontrol pikiran dan mengalihkan pikiran dari hal negatif, caranya gimana? Dengan nglakuin hal-hal yang bikin bahagia. Pokoknya terus jaga pikiran, makan teratur, jangan terlalu sering begadang. Kalo lagi proses penyembuhan makannya sedikit aja tapi sering, jangan sampai kekenyangan. Hindari makanan yang terlalu pedas, makanan bersantan, makanan yang mengandung asam (misal sayur asam atau lainnya), jangan minum kopi, jangan minum susu yang terlalu kental.

 

Ketika kambuh, seseorang yang menderita asam lambung pasti merasa tidak nyaman.
Penderitanya merasa nyeri ulu hati atau dada terasa panas.
Apabila asam lambung kambuh lebih dari dua kali seminggu, pemicunya bisa Gastroesofageal Reflux Disease (GERD).

GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah suatu kondisi medis yang disebabkan oleh naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan (esofagus). Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti rasa terbakar atau panas di dada (heartburn), rasa sakit di dada, atau sensasi tertentu di tenggorokan.

Untuk meredakannya saat kambuh, anda bisa melakukan hal berikut:


1.     Berdiri tegak
        Posisi yang tidak tepat dapat memberikan tekanan pada Stfingter Esofagus bagian bawah.
        Ini adalah otot berbentuk cincin yang mengontrol asam lambung supaya tidak naik ke                             kerongkongan.

       

2.    Longgarkan pakaian

        Berdasarkan penelitian, tekanan pada perut dapat memicu naiknya asam lambung.

        Segera longgarkan ikat pinggang, kancing celana, atau apapun yang membuat tubuh semakin                terasa sesak.

3.     Mengunyah permen karet

        Berdasarkan sebuah penelitian tahun 2014, mengunyah permen karet dapat membantu mengatasi            asam lambung
4.     Hindari stress

        Sering kali ketika asam lambung naik, pikiran kita tak terkendali, berpikiran yang aneh aneh. Tapi         ini malah memperburuk keadaan kita. Cobalah belajar mengendalikan pikiran, rileks, lakukan                yang membuat anda bahagia, misalnya dengan menonton komedi atau hal lain, karena stress                    sangat berpengaruh pada asam lambung.

5.    Hindari makanan dan minuman yang memicu naiknya asam lambung

        Hindari makanan makanan yang memicu asam lambung, seperti makanan berlemak, pedas, atau            asam, dan juga minuman seperti kopi, teh, atau minuman berkarbonasi juga dapat memperburuk            gejala asam lambung.

6.     Makan sering tapi sedikit

        Apakah anda pernah mendengar istilah "makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum                    kenyang' . Yapp, jika kita melakukan ini, lambung dan sistem pencernaan kita akan bekerja lebih            baik.

Itu adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika asam lambung naik.

Selalu berkonsultasi ke dokter, olahraga ringan dan jaga pola makan.

Salam sehat..

Posting Komentar untuk "Lakukan ini saat asam lambung naik"